Mengenal JavaScript

shares

JavaScript adalah script default di HTML. Meskipun namanya berbau java, JavaScript dan Java adalah dua bahasa pemrograman yang berbeda. Bersama HTML dan CSS, JavaScript menjadi tiga teknologi paling utama dalam pembuatan konten website. JavaScript sudah didukung oleh berbagai browser modern, sehingga tidak membutuhkan plug-ins apapun.

Melalui JavaScript, anda bisa mengubah konten halaman web, mengubah attribute tag HTML, mengubah aturan style di CSS, atau memvalidasi form yang diinput pengunjung sebelum mengirimkannya ke web server. Anda juga akan sering memasang kode-kode JavaScript saat ingin menampilkan iklan atau widget pada halaman web anda nantinya.
Source Image
Berbekal penguasaan HTML dan CSS, anda sebenarnya sudah bisa menciptakan sebuah website yang siap dipublikasikan di internet. Namun, untuk menambah interaktivitas pada web anda, gunakan script pemrograman tertentu. Meskipun secara prinsip, desain web dan pemrograman web adalah dua tugas yang berbeda, namun pada buku ini pemrograman web menjadi bagian topic bahasan karena diasumsikan anda akan menggunakan pada desain web modern anda.

Untuk Kebutuhan web, ada dua jenis script, yaitu script client side dan server side. Script client side adalah script yang dijalankan di sisi client (web browser pengunjung). Sedangkan script server side adalah scipt yang dijalankan dari sisi server (web server situs anda).
Ada beberapa script client side, misalnya JavaScript, VBScript, dan ActionScript. Namun yang popular dan banyak mendapat dukungan adalah JavaScript. Sekilas anda telah menganal JavaScript pada Bab 2. Penggunaanya secara detail akan dibahas di bab ini.

Adapun pengenalan mengenai script server side dapat and abaca pada pembahasan bab tentang website dinamis dengan PHP5 dan MySQL.
Sebagai tip, anda tidak perlu berkecil hati jika belum menguasai bahasa pemrograman apapun. Dewasa ini, telah tersedia berbagai library JavaScript siap pakai di internet. Contoh populernya adalah JQuery, yang akan dibahas pada bagian akhir bab ini. Anda cukup mengetahui fungsionalitas apa yang anda inginkan, menemukan kode JavaScript yang tepat di library, lalu memasang dan mengedit kode seperlunya. Dasar-dasar JavaScript yangdijelaskan di bab ini cukup membekali anda untuk melakukan semua itu.


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Website dan Toko Online WebsitePraktis.com
atau SMS/Telpon/WhatsApp 0857 11171946